64metafisika.jpg

Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Islam Panca Budi

Islam sebagai ad-din mengandung ajaran yang komprehensif dan sempurna (syumul). Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, tidak saja aspek ibadah tetapi juga muamalah, khususnya ekonomi islam. Ajaran Islam tentang ekonomi cukup banyak, tedapat dalam al-Qur’an, as-Sunnah maupun ijtihad para ulama, artinya perhatian islam pada masalah ekonomi sangat besar. Tetapi disayangkan, dalam waktu sekitar 7 abad (abad 13 s/d pertengahan abad 20), ajaran islam tentang ekonomi diabaikan kaum muslimin. Akibatnya ekonomi islam terbenam dalam limbo sejarah dan mengalami kebekuan (stagnasi) akibatnya ummat islam tertinggal dan terpuruk dalam bidang ekonomi.

Ekonomi islam adalah suatu ilmu yang multidimensi/interdisiplin, komprehensif dan saling terintegrasi dan juga ilmu yang rasional, dengan ilmu ini manusia dapat mengatasi masalah-masalah keterbatasan sumber daya untuk mencapai falah yang mencakup keseluruhan aspek kehidupan manusia, meliputi aspek spiritualitas, moralitas, ekonomi, social, budaya serta politik baik yang dicapai didunia maupun di akhirat. Masalah mendasar yang menyebabkan masih sulitnya ekonomi islam berkembang di Indonesia adalah masih terbatasnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) islami yang memiliki penguasaan ilmu ekonomi yang berbasis pada islam. Terbatasnya jumlah SDM Islami yang memenuhi kualifikasi tersebut mendorong Universitas Pembangunan Panca Budi sebagai salah satu perguruan tinggi yang terdapat di Sumatera Utara tergugah untuk mensosialisasikan betapa urgennya konsep ekonomi islam ini dikembangkan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

Dengan menggandeng Bank Muamalat Indonesia Universitas Pembangunan Panca Budi mengambil langkah yang bersifat solutif dengan mengadakan seminar nasional pendidikan ekonomi islam yang bertemakan “akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui pendidikan ekonomi islam”. Menghadirkan nara sumber Prof. DR. Veithzal Rifa’I SE, MM., MBA mewakili pakar ekonomi islam di Indonesia, Ir. Andi Buchori, MM direksi Bank Muamalat Indonesia yang mewakili paraktisi ekonomi islam dan Bpk. Drs. H Kasim Siyo, SE., MSi mewakili akademisi yang juga ketua program studi ekonomi pembangunan fakultas ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hadir juga pada saat pembukaan seminar tersebut selain Rektor-rektor Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta hadir memberi sambutan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Utara Bpk. DR. H. Rahmatshah

Berita Lainnya