52-dosen-ikuti-kegiatan-sosialisasi-beban-kerja-dosen-dan-penilaian-angka-kredit_15.jpg

52 Dosen Ikuti Kegiatan Sosialisasi Beban Kerja Dosen dan Penilaian Angka Kredit

Sebanyak 52 Dosen yang berasal dari berbagai Fakultas baik Tetap, Tidak Tetap dan Dpk Kopertis, telah mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Pembinaan Kompetensi Sumber Daya Institusi pada Beban Kerja Dosen dan Penilaian Angka Kredit yang dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 25 September 2012. Kegiatan ini diawali dengan Kata Sambutan oleh Plt. Rektor Bapak Samrin, SE., M.M. Kegiatan ini merupakan salah satu program Renstra LP PRO Tahun 2012-2013 yang mengarah kepada upaya peningkatan kompetensi SDM khususnya pada Tenaga Pendidik. Dalam pelaksanaannya LP PRO bekerjasama dengan Ka. Sub Biro Pengembangan Dosen (Ir. Bhakty Alamsyah, M.T., Ph.D) dan Ka. LPPM (Surya Nita, S.H., M. Hum) dalam menyampaikan paparan materi antara lain :

  • Kebijakan dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
  • Standarisasi Beban Kerja Dosen, dan
  • Standarisasi Penilaian Angka Kredit dan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen.

Sebagai salah satu nara sumber Bapak Ir. Bhakty Alamsyah, M.T., Ph.D menyampaikan bahwa prinsip evaluasi beban kerja dosen adalah Berbasis evaluasi diri (EPSBED), saling asah, asih dan asuh, meningkatkan profesionalisme dosen, meningkatkan atmosfer akademik, serta mendorong kemandirian perguruan tinggi. Sedangkan Ibu Surya Nita, S.H., M. Hum menyampaikan bahwa Perguruan tinggi di masa depan dituntut untuk melakukan transformasi orientasi, dari teaching university ke research university. Seluruh Dosen yang hadir sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat informatife sehingga para Dosen jadi lebih memahami system Beban Kerja Dosen dan Penilaian Angka Kredit dan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Yang menjadi dasar tujuan kegiatan ini, diharapkan bahwa :

  • Melalui sosialisasi ini, selanjutnya masing-masing Dosen mempunyai arah rancangan pengembangan profesi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  • Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terwujudnya standarisasi, keseragaman, dan akuntabilitas dalam penghitungan beban kerja dosen dan penilaian angka kredit.
  • Seluruh kegiatan Tri Dharma Dosen dapat terukur dan mempunyai bobot penilaian yang jelas.
  • Dosen melakukan aktivitas yang sesuai dengan bidang ilmu keahliannya, untuk mendorong terciptanya profesionalisme seorang dosen.

Sebagai wujud komitmen dalam proses pengembangan kompetensi Dosen, LP PRO bersama Sub Biro Pengembangan Dosen akan mengadakan Workshop Simulasi Penilaian Angka Kredit yang akan dilaksanakan pada masing-masing Fakultas di Bulan Oktober 2012.

Diakhir kegiatan, para Dosen yang menjadi peserta dalam kegiatan ini diwajibkan mengisi angket/kuesioner berisikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberikan penilaian terhadap pemahaman Dosen selama ini terhadap isi materi serta koreksi, masukan, saran dan perencanaan yang  membangun dalam penyempurnaan program selanjutnya.

Berita Lainnya