bakti-amal-mahasiswa-peternakan-indonesia-bampinas--_10.jpg

Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia( BAMPINAS )

Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan menjadi salah satu peserta Kegiatan Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia ( BAMPINAS ). Eko Namora Sinaga, Boby Pratama dan M. Arif Adnin merupakan Tiga orang mahasiswa program studi peternakan  yang mewakili kampus Panca Budi dalam kegiatan tersebut Dengan Tema Kegiatan “Pencerdasan Karakter Peternak Rakyat Untuk Menyokong Kedaulatan PanganNasional Berbasis Kearifan Lokal” Yang dilaksanakan di Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Tanggal 25 – 30 September 2014 bertujuan untuk Menjalin silaturahmi sesama mahasiswa peternakan se-Indonesia dengan para peternak rakyat,  Membantu peternak tradisional untuk lebih maju, Mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk kepentingan bersama.

Bentuk Kegiatan yang dilaksanakan berupa

  Seminar Nasional

Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Pengembamgan Ternak Lokal Untuk Menyokong Kedaulatan Pangan Nasional” dilaksanakan Pada Hari Jum’at tanggal 26 September 2014 dengan pembicara:

  1. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia ( Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA).
  2. Ketua Karang Taruna Indonesia ( Taufan EN Rotorasiko ).
  3. Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman ( Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr )

  Workshop dan Pelatihan

Pelatihan mengenai berbagai cara untuk mengidentifikasi kesehatan dan kebersihan kambing oleh Dosen Kesehatan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.

  Aksi Gizi di Sekolah Dasar dan Alun- alun

Pencerdasaan akan pentingnya mengkonsumsi produk hasil peternakan serta pemberian 2.000 cup susu dan 1.000 telur gratis kepada siswa/i Sekolah Dasar Negeri 1, 2 Limpakuwus serta masyarakat yang berada di alun-alun Purwokerto.

  Penyuluhan

Pencerdasan, penyuluhan serta pemberian obat cacing gratis kepada peternak kambing dengan datang langsung ke rumah masing-masing warga oleh peserta di desa Limpakuwus yang mencapai populasi kambing sebanyak 2.000 ekor.

  Lomba Kebersihan dan Kesehatan Ternak Kambing

Lomba kebersihan dan kesehatan kambing yang diikuti oleh peternak kambing desa limpakuwus yang dilaksanakan di lapangan desa limpakuwus dengan jurioleh:

  1. Dinas Peternakan dan Perikanan Banyumas
  2. Dosen Kesehatan Ternak Fakultas Peternakan UNSOED

Berita Lainnya