filsafat-unpab-menjadi-icon--dalam-simposium-nasional-keilmuan-filsafat_59.jpg

FILSAFAT UNPAB MENJADI ICON DALAM SIMPOSIUM NASIONAL KEILMUAN FILSAFAT

UNPAB MEDAN - Fakultas Filsafat Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan menjadi salah satu peserta dalam Simposium Nasional Keilmuan Filsafat se Indonesia tentang Peran dan Kontribusi Filsafat Islam bagi Bangsa yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dekan Fakultas Filsafat, Hadi Suprapto, MA (tengah)saat menjadi Pemateri Simposium Nasional Keilmuan Filsafat di Hotel Wisma Aji Yogyakarta (Foto: HS)

 “ Dengan keikut sertaannya Dekan Fakultas Filsafat dalam acara tersebut adalah merupakan momentum untuk lebih memperkenalkan dan mengembangkan Universitas Pembangunan Panca Budi khususnya Fakultas Filsafat, “ kata Dekan Fakultas Filsafat Hadi Suprapto, MA. di kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Medan, pagi tadi.

Disebutkannya, selain menjadi peserta dalam acara Simposium Nasional Keilmuan Filsafat antar perguruan tinggi se Indonesia tersebut, pria yang sering disapa Pak Hadi ini, mendapat kehormatan diminta langsung oleh panitia UIN Yogyakarta untuk turut menjadi pemateri  dengan tema Filsafat Islam dan Problem Kebangsaan dan judul makalah Filosofi Gender dan Kontekstual Pemberdayaan Wanita dalam Islam.  Tidak hanya itu beliau juga sangat bangga karena Fakultas Filsafat Unpab mendapat sambutan dan penghargaan dari seluruh peserta karena merupakan satu-satunya Filsafat Metafisika Kerohanian di Indonesia, sambutan ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, DR. Syaifan Nur, MA, yang mewakili seluruh peserta. Beliau juga mengharapkan agar Filsafat Metafisika Universitas Pembangunan Panca Budi menjadi kiblat dan  dapat memberi warna bagi Prodi Filsafat se Indonesia, untuk lebih meningkatkan mutu pendidikannya dan dapat dicintai banyak masyarakat. Sehingga Dalam simposium nasional itu, Filsafat Unpab menjadi sorotan dan perhatian dari seluruh perguruan tinggi yang hadir khususnya dari UIN.

DR. H. Syaifan Nur, MA, saat membuka acara itu mengatakan, bahwa simposium nasional ini bertujuan untuk memperkuat Prodi Filsafat se Indonesia serta memperkenalkannya kepada masyarakat agar menjadi Prodi Filsafat yang banyak diminati karena merupakan pendidikan yang sangat erat dengan pendidikan karakter dan akhlak.

Pada simposium nasional yang digelar di Hotel Wisma Aji Yogyakarta 10-12 Oktober lalu, selain membahas tentang bagaimana cara untuk membangkitkan motivasi masyarakat tentang dunia filsafat juga sebagai ajang promosi bahwa filsafat juga bisa menjadi fakultas terkemuka yang tidak kalah unggulnya dengan fakultas lain. Dan untuk menunjukan komitmen dari seluruh perwakilan perguruan tinggi se Indonesia ini dibentuklah Asosiasi Dosen Filsafat Indonesia (ADFI), yang nantinya hasil dari Simposium Nasional ini akan dicetak dalam bentuk Proceedings dan akan diterbitkan Jurnal Filsafat yang akan dikirim ke seluruh perguruan tinggi yang memiliki Prodi Filsafat.

Usai acara tersebut tak tanggung-tanggung UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sangat tertarik dengan prodi filsafat Unpab dan langsung dilakukan penandatanganan kerjasama MoU, diantaranya tentang pertukaran dosen, kerjasama penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kerjasama penerbitan jurnal ilmiah dan kerjasama program pembinaan masyarakat.(Ain)

Berita Lainnya