gelar-kompetisi-esport-imakom-unpab-targetkan-esport-tingkat-nasional_2.jpg

GELAR KOMPETISI E-SPORT, IMAKOM UNPAB TARGETKAN E-SPORT TINGKAT NASIONAL

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, tepatnya Ikatan Mahasiswa Komputer (IMAKOM) UNPAB selenggarakan Pekan E-Sports dengan tema "Show Your Skill And Talent With UNPAB", di Gelanggang Mahabento UNPAB. Dimulai tanggal 06 sd 10 Oktober 2022.

Hadir Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Cahyo Pramono, SE., MM.; Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNPAB Hamdani, ST., MT.; Sekretaris Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNPAB, Rio Septian Hardinata, S.Kom., M.Kom.; Gubernur Fakultas Sains dan Teknologi UNPAB, Anwar Ma'arif Siregar.; Ketua IMAKOM UNPAB, Bagus Kurniawan.; Presiden Mahasiswa UNPAB, Hadi Prasetia.; Mahasiswa/i IMAKOM UNPAB beserta panitia.; peserta lomba pekan e-sport dari kalangan SMA/SMK/sederajat dan yang tidak berkuliah dengan ketentuan usia 16 sd 21 tahun.

Indonesia merupakan salah satu negara pendorong utama pertumbuhan e-sports di Asia tenggara. Hal tersebut ditandai data dari EVOS Sports bahwa kontribusi Indonesia pada tahun 2021 sekitar 43% dari total 274.5 juta gamers di Asia Tenggara. Selain itu,Indonesia menyumbang pendapatan terbesar dari sektor e-sports sebesar $2.08 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 30 triliun. Tingginya jumlah gamers dan pendapatan ini menjadi indikasi e-sport memiliki potensi yang cukup besar kontribusinya untuk ekonomi kreatif Indonesia.

Memperoleh kutipan dari "Kompas Gramedia", e-sports atau olahraga elektronik adalah bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif. Pemain Esports terdiri dari tim yang bermain game untuk melawan satu sama lain pada tingkat profesional untuk memenangkan sejumlah besar uang sebagai hadiah dan tentu saja trophy.

E-sports sekarang sudah dalam skala internasional. Adapun di Indonesia, e-sports bahkan sudah masuk di kancah nasional, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dan ada Turnamen Piala Presiden Esports 2022 resmi bergulir dengan mengusung tema "Beyonderful," perpaduan dari "beyond" dan "wonderful" yang digelar di The Ballroom, Jakarta.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNPAB Hamdani, ST., MT dalam sambutan menyampaikan, "Saya sangat mengapresiasi kegiatan IMAKOM UNPAB atas terselenggarakannya e-sport setelah pandemi covid19 melanda yang mengakibatkan seluruh aktivitas mahasiswa/i UNPAB sempat terhambat. Siapapun yang menang nanti, UNPAB tak hanya hadiahkan uang tunai beserta sertifikat, tetapi UNPAB juga memberikan fasilitas beasiswa berupa potongan uang kuliah bagi anak-anak kami siswa/i yang ingin melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi." "Beasiswa yang UNPAB hadiahkan berupa voucher yang dapat ditukarkan ke UNPAB apabila siswa/i memilih UNPAB sebagai kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Untuk mahasiswa/i UNPAB dapat menukarkan beasiswa tersebut ke UNPAB sesuai semester berjalan. Akhir kata, saya berharap pekan e-sport ini akan ada tahun depan di 2023. Kalau memungkinkan, kita akan buat e-sport tingkat nasional." Lanjutnya.

Ketua IMAKOM UNPAB, Bagus Kurniawan dalam sambutan menyampaikan, "terimasih atas partisipasi seluruh stakeholder dan kerja sama seluruh panitia untuk untuk mensukseskan kegiatan ini. Dalam pekan e-sport UNPAB 2022 ini banyak cabang olahraga yang dapat diikuti diantaranya, mobile legends total 40 tim, free fire total 12 tim, PUBG total 20 tim dan e-football total 8 orang. E-sports bukan lagi sebuah perlombaan atau sekedar kegiatan pelepas penat, tetapi juga termasuk cabang olahraga prestasi yang sudah diakui."

"Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses, yang namanya perlombaan pasti ada peluang untuk menang. Untuk yang belum juara nantinya dapat mengikuti kembali pekan e-sport di UNPAB 2023, yang terpenting kita sudah berusaha semaksimal mungkin." Ucap Ketua IMAKOM UNPAB

Berita Lainnya