giat-aksi-unpab-cleanup-village--mahasiswa-dan-masyarakat-wujudkan-desa-bersih_27.jpg

Giat Aksi UNPAB Clean-Up Village :"Mahasiswa dan Masyarakat Wujudkan Desa Bersih"

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan laksanakan kegiatan UNPAB Clean-Up Village di Desa Jaring Halus, Kec. Secanggang, Kab. Langkat pada Kamis, 23 November 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama Civitas Akademika dan Mahasiswa UNPAB, Masyarakat dan Perangkat Desa, serta bekerjasama dengan organisasi sekitar dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Langkat.

Aksi UNPAB Clean-Up Village ini disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Jaring Halus, H. Usman, S.Pd, Sekretaris Desa, Iskandar, dan masyarakat setempat.

Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan sampah yang menumpuk di beberapa titik di Desa tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan ini ialah, sebagai salah satu program promosi dan pengabdian masyarakat Universitas Pembangunan Panca Budi.

Kegiatan Clean-Up Village Mahasiswa memiliki beberapa tujuan, seperti menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, mengurangi potensi polusi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selain membersihkan sampah, tim UNPAB juga memberikan edukasi tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan juga memberikan bantuan berupa 2 unit tong sampah ke Pemerintahan Desa.

Sampah yang berhasil dikumpulkan berjumlah sekitar 1,5 ton, yang kemudian diangkut melalui jalur air dan dibawa ke dermaga Pematang Buluh di Desa Seberang dan kemudian diangkut oleh truk untuk dibawa ke TPS di Desa Pantai Gemi Kec. Stabat.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran lingkungan di kalangan Mahasiswa dan Masyarakat. Melalui partisipasi aktif dalam membersihkan desa, mahasiswa dapat menjadi contoh bagi orang lain untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, serta dapat menciptakan hubungan yang baik antara dunia kampus dan masyarakat.

Berita Lainnya