himpunan-mahasiswa-akuntansi-festival-nasional-2022_97.jpg

HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI FESTIVAL NASIONAL 2022

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan selenggarakan HMA Accounting Festival Nasional (HAFNA) 2022 dengan tema "Peran Presidensi G20 Indonesia Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Stabilitas Sistem Keuangan Di Era Ekonomi Digital", di Mahabento UNPAB. 27 - 29 Oktober 2022

Hadir Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM beserta jajarannya dalam hal ini diwakili oleh Dekan Fakultas Sosial Sains UNPAB, Dr. E. Rusiadi, SE., M.Si., CIQAR., CICNR., CIMMR.; Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumut, Eydu Oktain Panjaitan SE., MM., Ak., CA., CSFA.; Kaprodi Akuntansi, Dr. Oktarini Khamilah Siregar, SE., M.Si.; Kepala Biro Kemahasiswaan, Adi Sastra Pengalaman Tarigan, ST., MT.; Pembina HMA, Heriyati Chrisna, SE., M.Si.; Pembimbing I HMA, Vina Arnita, SE., M.Si.; Gubernur Fakultas Sosial dan Sains UNPAB, Aditya Rizky Ginting.; Ketua Umum HMA UNPAB, Adinda Rahayu Rahmadhani., Ketua Pelaksana HAFNA 2022, Kharunnisa Lubis beserta panitia.; dan seluruh delegasi dari Indonesia dan tamu undangan dari himpunan mahasiswa dari Sumut.

Dekan Fakultas Sosial Sains UNPAB, Dr. E. Rusiadi, SE., M.Si., CIQAR., CICNR., CIMMR menyampaikan, "Saya apresiasi kegiatan HMA Accounting Festival Nasional (HAFNA) 2022, saya juga mengucapkan selamat datang di UNPAB untuk delegasi seluruh Indonesia yang hadir. Pembelajaran ilmu akuntansi mungkin sudah dimulai sejak kita berada di bangku pendidikan, baik tingkat SMP, SMA, maupun pada tingkat universitas. Pembelajaran ilmu akuntansi tidak hanya terbatas dari jalur pendidikan formal, salah satunya melalui event yang saat ini kita ikuti yaitu lomba - lomba yang dirangkai dalam suatu festival akuntansi tingkat nasional."

"Saya rasa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan contoh yang baik untuk peningkatan kapabilitas hard skill dan soft skill khususnya mengenai ilmu akuntansi, baik peserta maupun penyelenggara kegiatan," Ucap E. Rusiadi.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumut, Eydu Oktain Panjaitan SE., MM., Ak., CA., CSFA dalam sambutan menyampaikan, "BPK merupakan lembaga yang melaksanakan pemeriksaan keuangan negara atau daerah. BPK Perwakilan Sumut memiliki lingkup kewenangan untuk memeriksa pengelolaan keuangan daerah pada 34 pemerintahan daerah wilayah Sumut. Sesuai Undang - Undang Nomor 15 Tahun 2006, BPK melaksanakan tiga jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT).

"Saya yakin, adik - adik mahasiswa mengetahui opini laporan keuangan, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak wajar (TW), Tidak Memberikan Pendapat (TMP), BPK memberikan opini atas laporan keuangan pemerintah daerah berdasarkan kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Besar harapan kami kegiatan ini menambah wawasan / pemahaman tentang ilmu akuntansi salah satunya pemeriksaan atas laporan keuangan," Ucap Eydu Oktain Panjaitan.

Ketua Pelaksana HAFNA 2022, Kharunnisa Lubis menyampaikan, "kegiatan ini merupakan salah satu program kerja HMA UNPAB, terdiri dari 30 kepanitiaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan hard skill dan soft skill mengenai ilmu akuntansi. Kegiatan ini terdiri dari 51 peserta yang tergabung dari berbagai perguruan tinggi di antaranya, UNPAB, UIN Sumut, Universitas Sari Mutiara, Politeknik LPP Yogyakarta dan masih banyak lagi. HAFNA memiliki dua cabang lomba yaitu debat dan olimpiade akuntansi. Debat terdiri dari 6 tim / 18 orang, olimpiade akuntansi 11 tim / 33 orang dan setelah pengumuman perlombaan kami kana segera melangsungkan field trip ke Danau Toba,"

"Akhir kata saya sampaikan bahwa, kami mengajak adik - adik mahasiswa ketika lulus nanti untuk dapat bergabung bersama kami, bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk bersinergi mewujudkan tata kelola keuangan negara yang lebih baik melalui pemeriksaan keuangan negara," Eydu Oktain Panjaitan.

Berita Lainnya