jalin-kerjasama-dengan-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-di-jawa-timur-unpab-melakukan-mou-dengan-universitas-muhammadiyah-malang_29.jpg

Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jawa Timur, UNPAB Melakukan MoU dengan Universitas Muhammadiyah Malang

Dalam upaya akselerasi menuju World Class University 2033, UNPAB senantiasa melakukan perluasan jejaring dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak strategis. Untuk itu, pada hari Rabu 20 Juli 2022, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM, melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Penandatangan Mou bersama Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, dilaksanakan di Kampus III UMM, Jalan Tlogomas 246 Kota Malang. Rektor UNPAB berkunjung ke kampus yang telah berdiri sejak tahun 1964  ini, dalam lawatannya ke Kota Malang, Jawa Timur, bersama Ka. SKUN UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc.

UMM meraih Akreditasi Unggul sejak tahun 2013. Perguruan tinggi yang bernaung di bawah Persyarikatan Muhammadiyah ini terpilih sebagai Perguruan Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank, serta sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jawa Timur versi lembaga pemeringkat 4 Internasional College & Universitas (4ICU).

Saat ini UMM memiliki 10 Fakultas dengan 6 Program Internasional, 5 Program Vokasi, 40 Program Studi S-1, 6 Program Profesi, 13 Program Magister, dan 4 Program Doktor, dengan total mahasiswa lebih dari 35 ribu, yang berasal dari dalam dan luar negeri.  

Rektor UMM, Dr. H. Fauzan, M.Pd, menyambut baik kerja sama ini. Di dalam sambutannya, disampaikan bahwa dengan MoU ini diharapkan akan terjalin silaturahmi dan networking positif, berlandaskan hubungan baik yang akan saling menguntungkan dan saling menguatkan bagi kedua belah pihak.

Sementara itu Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM., menekankan, "MoU ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk bekerjasama dengan mitra-mitra strategis dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, dengan melibatkan dosen, mahasiswa, dan segenap civitas akademika, dalam mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi."

Sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut, telah dimulai pertemuan lanjutan melalui zoom meeting yang dilakukan pada hari Rabu, 27 Juli 2022. Hadir dalam pertemuan ini antara lain Ka. SKUN UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc.; Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Cahyo Pramono, SE.,MM.; Rektor Bidang Kerja Sama, Keuangan dan Infrastruktur UNPAB, Hasrul Azwar, SE.,MM.;  Rektor Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH.,MH.; Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Fauzan, M.Pd, dan Civitas Akademika UMM.

Dalam sambutan yang mewakili Rektor UNPAB,  H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc., Ka. SKUN UNPAB, menyampaikan "Secara umum UNPAB ingin belajar lebih lanjut kepada UMM mengenai bagaimana pengelolaan universitas, meningkatkan kapasitas SDM dosen, membangun kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, mengembangkan aktivitas pengabdian masyarakat, pengembangan unit-unit bisnis, dan berbagai hal lain yang menjadi keunggulan dari UMM."

Saat ini, selain menjalankan aktivitas akademik, UMM juga mengembangkan berbagai unit usaha. Unit-unit bisnis itu antara lain: gedung pertunjukan, hotel, objek wisata taman rekreasi, toko buku, rumah sakit, apotek, bengkel, sampai SPBU.

Selain menjadi sumber penghasilan bagi universitas, berbagai unit bisnis tersebut juga menjadi media praktek kerja bagi mahasiswa sesuai program studi. Bagi mahasiswa semester akhir juga diberi kesempatan untuk bekerja part time (paruh waktu) guna mendapatkan tambahan uang kuliah dan uang saku, sekaligus untuk mendapatkan skill dan pengalaman dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Rektor II UNPAB Bidang Kerja Sama, Keuangan dan Infrastruktur, Hasrul Azwar, SE.,MM., menyatakan, "Banyak hal menarik yang telah dikembangkan oleh UMM. MoU kerjasama dengan UMM akan menjadi sebuah sarana pembelajaran yang baik bagi civitas akademika UNPAB."

"Rencananya dalam waktu dekat kita akan melakukan lagi kunjungan lanjutan ke UMM. Semoga kita bisa mengadopsi berbagai hal positif yang dapat menginspirasi bagi pengembangan UNPAB menuju World Class University," pungkasnya.

Berita Lainnya