rukun.png

Kerukunan Antar Umat Beragama Dibangun Atas Dasar Kesadaran dan Budaya Masyarakat

 

 

Salah Satu isi dari TRI Dharma Perguruan Tinggi adalah kegiatan penelitian. Kegiatan Penelitian mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, tanpa penelitian maka, pengembangan ilmu akan menjadi terhambat. Untuk mewujudkan harapan perguruan tinggi tersebut, Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi dalam mata kuliah pendidikan agama akan melaksanakan kegiatan penelitian itu kesalah satu pusat keaagamaan di Sumatera utara. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan skill dan pemahaman mahasiswa program studi manajemen, akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan melalui berbabagai cara baik diskusi, studi banding dan penelitian lapangan serta untuk melihat secara objektiv dan ilmiah apa yang terjadi ditengah-tengah kehidupan antar umat beragama khususnya di Sumatera Utara sebagai langkah menjaga kerukunan antar umat beragama agar dapat hidup rukun dan saling menghargai satu dengan yang lainnya.

Secara historis Agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan, karena agama ini sesungguhnya adalah agama yang berkembang di Sumatera Utara. Keberadaan agama ini se-sungguhnya adalah agama yang berkembang di Sumatera Utara. Keberadaan agama ini sesungguhnya adalah agama yang berkembang di Sumatera Utara. Keberadaan agama ini membawa keberhasilan menciptakan pembangunan dan kemajuan baik dalam bidang sosial masyarakat maupun dibidang pemerintahan. Seperti contoh di kabupaten Dairi telah dibangun suatu tempat keagamaan yang keberadaanya terdapat rumah ibadah setiap agama. Tempat tersebut bernama “Taman Wisata Iman”, dengan hal tersebut sebagai feedbacknya dapat menciptakan kedamaian, keharmonisan dan toleransi antar kehidupan beragama yang terjalin dengan penuh kesadaran baik secara bathiniah maupun lahiriah. Terciptanya suatu keharmonisan yang terjalin penuh dengan kesadaran dapat dinyatakan bahwa kita adalah yang bersaudara terlepas dari perbedaan akidah dari kedua agama tersebut.
 
  
 
Berdasarkan gambaran singkat diatas, kajian-kajian dan studi lapangan terus ditingkatkan dalam mengem-bangkan wawasan keagamaan maha-siswa, diantaranya yang dilakukan adalah melakukan studi banding di Taman Wisata Iman, Kabupaten Dairi dan penelitian historis berdirinya Taman wisata Iman di tanah sidikalang tersebut. Sebagai upaya perbandingan dan pemahaman bagaimana proses agama masuk dan berkembang. Selain itu juga untuk memahami pola kerukunan antar umat beragama didaerah tersebut, baik hasil yang dicapai maupun hambatan yang dialami. Dan juga langkah awal memperbaiki hubungan yang baik berlandaskan kesadaran akan arti pentingnya sebuah kerukunan yang permanen.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 18 dan 19 Desember 2010 dengan tema kegiatan “Kerukunan antar umat beragama dibangun atas dasar kesadaran dan budaya masyarakat”. Dihadiri oleh Pemuka Agama, Bapak Ka. Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan olahraga Elpinus Sigalingging, S.E. Dekan Fak. Ekonomi Bapak M. Toyib Daulay SE,MM, Bapak Rektor III Bidang Kemahasiswaan Bapak Riadiono SH, MH, Bapak Samrin SE,MM selaku Rektor I Bidang Akademik dan Pembimbing Pendidikan Agama Islam Bapak Drs. H. Indra Harahap,MA

Berita Lainnya