pemerintah-kabupaten-langkat-jalin-kerja-sama-dengan-unpab_39.jpg

PEMERINTAH KABUPATEN LANGKAT JALIN KERJA SAMA DENGAN UNPAB

Untuk meningkatkan hubungan kelembagaan Pemerintah Kabupaten Langkat dan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan dalam melaksanakan kegiatan akademik, penelitian, publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat serta program-program lain yang terkait dengan bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk itu dilaksanakan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU), di Rumah Dinas Bupati Langkat. Selasa,04 Oktober 2022.

Hadir Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.; Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH.; beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Langkat.; Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Cahyo Promono, SE., MM.; Rektor II Bidang Kerja Sama, Keuangan, dan Infrastruktur UNPAB, Hasrul Azwar Hasibuan, SE., MM.; Kepala Lembaga Penelitian dan Pusat Studi UNPAB, Dr. Sukma Aditya Sitepu, S. Pt., M. Pt.; Kepala Lembaga Jurnal dan Seminar UNPAB, Solly Aryza, ST., M.Eng.; Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Bina Desa UNPAB, Adian Hakim, SP.; Kepala Biro Urusan Kerja Sama Protokoler dan Internasional UNPAB, Robi Krisna SE., MH.; Tenaga Administrasi UNPAB, Muhammad Faridh Al Kahfi.

Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH dalam sambutan singkatnya menyampaikan, "Dengan memperhatikan beberapa ketentuan perundang-undangan yaitu, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Sesuai dengan kedudukan dan kewenangan, untuk itu Pemerintah Kabupaten Langkat dan UNPAB sepakat bersinergitas dalam upaya meningkatkan komunikasi dan koordinasi nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia."

"Sebenarnya, ada dua permasalahan yang spesifik di Langkat yaitu, stunting dan potensi apa saja yang ada selain pariwisata di Langkat. Untuk itu, saya mengajak UNPAB dengan sangat serius untuk mengundang 800 mahasiswa/i UNPAB untuk melakukan KKN tematik di desa-desa yang ada di Langkat."

Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM menyambut hangat sambutan Plt. Bupati Langkat, "UNPAB sebagai kampus dengan potensi yang sangat strategis dalam upaya mendukung kualitas mahasiswa dan tenaga pendidik, yang sudah seharusnya sebagai agen perubahan perlu menyiapkan kader-kader Transglobal Leadership yang mampu meningkatkan produktivitas bangsa kedepannya. Sejalan dengan beberapa indikator atau ruang lingkup kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten Langkat dan UNPAB diantaranya, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, seminar, publikasi, penerbitan karya ilmiah dan lokakarya. Selanjutnya, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, pengkajian, studi kelayakan, penerapan teknologi tepat guna dan bidang lainnya. Mudah-mudahan, kerja sama ini dapat menciptakan keterpaduan untuk meningkatkan kualitas SDM di kedua lembaga."

"Saya juga menyambut sangat serius, untuk mengantarkan anak-anak kami sebanyak 800 mahasiswa/i UNPAB untuk menganalisis permasalahan yang ada di Langkat, salah satunya seperti yang diinformasikan Pak Syah Afandin. Hal ini dapat membantu melahirkan output dan outcome. Output yang dimaksud yaitu, 800 anak-anak kami akan KKN tematik dan dibantu oleh dinas pemerintah daerah di Langkat, sehingga dapat menghasilkan solusi. Misalnya stunting, dengan adanya peran mahasiswa/i UNPAB dapat membantu memperoleh database masyarakat yang terpapar stunting. Outcome yang kami maksud, setelah anak-anak kami menyelesaikan KKN tematik selama 4 bulan dan menghasilkan solusi yang diharapkan dan potensi apa saja yang dimiliki Langkat, kiranya pemerintah Kabupaten Langkat lebih berbesar hati untuk memberikan bantuan berupa beasiswa kepada masyarakat Langkat untuk kuliah di UNPAB."

"Maksud dari bidang lain yang disepakati bersama untuk jangka waktu 5 tahun, bisa saja dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan ekonomi, hukum, pemerintahan, ilmu pengetahuan, sosial, budaya dan teknologi. Pemerintah Kabupaten Langkat dan UNPAB juga akan menjalankan kegiatan pendidikan, pelatihan, pendampingan, dan pembimbingan sesuai tupoksinya sebagai bentuk implementasi tanggung jawab dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia," Ucap Rektor UNPAB.

Berita Lainnya