47IMG_7094.JPG

Pengembangan active learning melalui pemanfaatan E-learning dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan mutu belajar mahasis

Medan,jum’at (06/01), Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Pembangunan Panca Budi mengadakan seminar bertema tentang Pengembangan active learning melalui pemanfaatan E-learning dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk peningkatan mutu belajar pada mata kuliah M-SDM1 di fakultas Ekonomi – UNPAB yang dihadiri oleh Bapak Muhamad Toyib Daulay SE.,MM., Bapak Saimara  Sebayang  SE.,M.Si, Drs. Indra Jaya Ak.,MM , Ramadhani Hidayatin S.Psi. M.Psi, Ilona Dewita.S.Spi. Rahmat Hidayat SE.,MM., dan Bapak Drs. Hasyim Batubara SE., MM., serta seluruh mahasiswa Universitas Pembagunan Panca Budi yang diadakan di Universitas Pembangunan Panca Budi, dan turut diundang juga dari Universitas lain yaitu USU, UMSU,UNIMED, STIE Harapan, Universitas Nomensen.

 Active learning merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sangat efesien untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam memahami mata pelajaran  melalui pemanfaatan e-learning  dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dan Ibu Ramadhani Hidayati S.Spi (Dosen Ekonomi) dalam kata sambutannya beliau mengatakan bahwa active learning merupakan metode pembelajaran  yang sangat efesien bila digunakan oleh mahasiswa dan beliau juga menambahkan  untuk menerapkan activite learning di butuhkan e-learning (belajar dari internet), e-learning merupakan tempat bagi mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran. karna dengan adanya e-learning mahasiswa bisa mengali ilmu serta mempunyai wawasan yang sangat luas.

 Pembukaan Acara seminar “kompetisi SDM yang Unggul di dunia kerja “ Recruitment Based Competency dibukakan oleh bapak Muhamad Toyib Daulay SE., MM., dan sebelum pembukaan acara beliau menambahkan bahwa dengan adanya  active learning  mahasiswa dapat belajar dengan active tanpa adanya hambatan karena  semua nya dapat diperoleh melalui teknologi dan komonukasi yang ada sekarang, dan beliau juga mengakhiri dengan mengatakan there is a will, there is a way.

 Dan didalam penyampaian materi oleh Ibu Ilona Dewita.S.Spi (Pt. HRTe Indonesia) tentang Recruitment Base Competency, beliau menyampaikan bahwa Recruitment Base Competency merupakan tren untuk perkembangan baru  dalam hal mencari pekerjaan serta mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka apa yang mereka pelajari dari Universitas, menurut survey mengambarkan bahwa  tahun 2009 sampai dengan 2011 penganguran hanya berkurang 1,5 % dari 9,25% dan setiap tahunya penganguran bertambah 160,000 per jiwa dan semua ini didapatkan dari Active learning melalui pemanfaatan E-learning.

Dan Bapak Muhamad Toyib Daulay SE.,MM. dalam materinya yang bertemakan “penerapan Student Centered Learning (SCL) di fakultas Ekonomi UNPAB” beliau mengatakan “bahwa SCL ini merupakan metode pembelajaran yang sangat efesien bagi mahasiswa dalam merubah cara pembelajar untuk tetap bertahan didalam dunia edukasi dan Cara yang terbaik untuk dapat bertahan adalah berubah menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dan Untuk mencegah kita menuju ke kehancuran, kita harus menjadi pendahulu perubahan (champion of change)  karena didalam al-qur’an juga Allah Swt menegaskan bahwa Allah Swt tidakkan merubah suatu kaum kecuali kaum tersebut mau merubahnya sendiri, dari penegasan diatas dapat kita ambil intisari bahwa ‘change it yourself before god to change your’ (untuk melakukan perubahan bagi orang banyak maka kita harus melakukannya pada diri sendiri ) dan harapan saya agar mahasiswa universitas pembangunan panca budi khususnya ekonomi dapat meningkatkan pengetahuan melalui metode Student center learning (SCL)”.

 Dengan adanya student centered learning (SCL) dan active learning yang saling berkaitan, maka mahasiswa universitas pembangunan panca budi dapat belajar dengan baik tanpa mengalami hambatan didalam proses belajar karena tidak adanya keterbatasan waktu dan memudahkan dosen dalam mengajari mahasiswa.

Writer By Nasier Jr (ESP UNPAB).

 

Berita Lainnya