peternakan-ayam-sapi-dan-pabrik-kompos-organiak--pergulaan_93.jpg

PETERNAKAN AYAM, SAPI DAN PABRIK KOMPOS (ORGANIAK) PERGULAAN

Perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ini sudah tidak asing lagi di kalangan para mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Kunjungan kali ini untuk mendukung Praktikum matakuliah Ilmu Pemuliaan Ternak yang diampu oleh Ibu Nurjama’yah Br. Ketaren, S.Pt, M.Si. Pemilihan lokasi kunjungan di Perusahaan Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik) Pergulaan yang merupakan salah satu keunggulannya adalah pengembangbiakan sapi yang dilaksanakan diperusahaan tersebut adalah secara perkawinan alami (menggunakan sapi pejantan unggul).

Bapak Ir. H. Yanu Rianto Selaku penanggung jawab di Perusahaan tersebut menjelaskan bahwa  pengembangan usaha sapi potong juga dapat dilaksanakan dengan usaha pembibitan (breeding) sehingga jumlah atau populasi sapi didaerah tertentu dapat bertambah disamping itu juga ketersediaan bakalan juga dapat terus menerus tersedia. Kebanyakan perusahaan peternakan khusunya sapi potong, mereka hanya melaksanakan penggemukan tanpa memikirkan sumber bakalan yang akhirnya usaha penggemukan tersebut menjadi ketergantungan terhadap sapi-sapi import atau menghabiskan sapi-sapi bakalan yang ada dimasyarakat.

Para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi beberapa sapi hasil persilangan jenis sapi potong yang dikembangkan dengan memberikan penilaian sifat-sifat yang diturunkan oleh kedua induk sapi sehingga para mahasiswa mampu menentukan sumber induk persilangan keturunan sapi tersebut. Dengan di pandu oleh dosen pembimbing dan penjelasan dari Bapak Ir. H. Yanu Rianto.

Semoga kegiatan yang dilaksankan dapat meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan serta mencapai kompetensi yang diinginkan, sehingga para mahasiswa dan lulusan Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNPAB menjadi bagian dari Program Pembangunan Peternakan Sumatera Utara.

Berita Lainnya