tingkatkan-kolaborasi-dan-kerjasama-internasional-unpab-visit-turkiye_20.jpg

Tingkatkan kolaborasi dan kerjasama Internasional, UNPAB Visit Turkiye

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, melakukan kunjungan kerja ke kawasan Eurasia, tepatnya di Turki,14 - 24 Juni 2022.

Tidak hanya UNPAB, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I SUMUT, bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) SUMUT, juga berpartisipasi dalam kunjungan kerja ini sekaligus mempererat silaturahmi internasional dan kerja sama UNPAB, APTISI, dan LLDIKTI dengan ketiga universitas yang ada di Turki. Salah satu kunjungan kerja sama tersebut yaitu, Visiting Lecture yang akan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi dan MBKM Kemendikbud Ristek. 

Rektor UNPAB sekaligus Ketua APTISI SUMUT, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM, Kepala SKUN UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc, Ketua Umum Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Dra. Hj. Yasmin Siti Khadijah, Plt Kepala LLDIKTI, Prof Ibnu Hajar, serta perwakilan dari 28 Perguruan Tinggi Swasta di SUMUT juga berkunjung ketiga universitas yang ada di Turkiy yaitu : 

-Suleyman Demirel University.

-Akdeniz University.

-Isparta University Of Applied Sciences.

???????????????????????????????? ???????????????????????????? ???????????????????????????????????????? (????????????), merupakan universitas negeri yang didirikan pada tahun 1992, letaknya di daerah Isparta, tak jauh dari Bandara Internasional Instanbul, sekita 7 jam saja. Universitas ini mempunyai 70.000 mahasiswa dan institusi akademik terbesar kedua di Turki. Kenapa tidak? Sebab universitas ini dikenal dengan program penelitiannya antara lain, pertanian, kedokteran, teknik dan ilmu bisnis. Universitas ini memiliki 15 fakultas beberapa diantaranya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni, Fakultas Produk Akuakultur, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik Kependidikan. Universitas ini menyediakan pendidikan sarjana, 2 kolese, 1 konservatori negara bagian, 4 kolese kejuruan dan 47 pusat penelitian dan apolikasi.

Universitas selanjutnya yaitu ???????????????????????????? ????????????????????????????????????????, Universitas ini memiliki 74.000 mahasiswa dan 2.700 sate akademik. Didirikan pada tahun 1982, di Antalya. Akdeniz University ini termasuk dalam lembaga pendidikan tinggi wilayah Mediterania Barat, Turki. Banyak kegiatan di Universitas ini antara lain, di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di 24 fakultas, 7 institusi, 1 sekolah, 1 konservatori, 12 sekolah kejuruan dan 54 pusat penelitian dan apolikasi. Adapun fakultas yang ada di universitas ini, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Sains, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Seni Rupa, Fakultas Perikanan, Fakultas Kelautan, Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Arsitektur, Fakultas Teologi dan masih banyak lagi.

Dan yang terakhir adalah ???????????????????????????? ???????????????????????????????????????? ???????? ???????????????????????????? ????????????????????????????????. Universitas ini memiliki 5 fakultas diantaranya, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi, Fakultas Perikanan dan Fakultas Manajemen. Fakultas-fakuktas ini sebelumnya berafiliasi dengan Universitas Suleyman Demirel. Universitas ini menggunakan konsep Turki berdasarkan ilmu terapan. Universitas ini juga berupaya untuk menjadi universitas penghasil tidak hanya untuk Isparta tetapi juga untuk Turki, dengan membawa nilai tambah mahasiswa/i. Dalam arti kata universitas ini mendidik mahasiswa/i untuk tidak mencari pekerjaan tetapi diminta bekerja, mampu melakukan kerja sama yang rukun dengan industri, terjalin dengan sektor, terutama sektor industri dan pertanian. 

Program Visiting Lecture memang dilaksanakan dalam waktu yang cukup singkat, namun semua kegiatan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan baik. Begitu banyaknya pengalaman akademik dan non akademik yang diperoleh. Suasana kampus yang damai, tertib dan nyaman, menimbulkan kerinduan untuk kembali. Pertukaran akademik atau non akademik (transfer of  knowledge) seiring dengan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian, serta penerapan dan implementasi program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud Ristek melalui program kerjasama dengan perguruan tinggi internasional.

Tidak hanya Visiting Lecture, ada juga penandatangan naskah kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan penandatangan Minutes of Meeting dengan Isparta University of Applied Sience, tepatnya di Kota Isparta. Hal ini telah memperkaya wawasan, pengalaman, serta keinginan untuk selalu mengembangkan UNPAB untuk lebih baik. Program kunjungan kerja sama ini diharapkan dapat berkelanjutan dengan melibatkan dosen-dosen yang lebih berprestasi yang ada di UNPAB dan tidak menutupi kemungkungkinan untuk perguruan tinggi lainnya. Harus ada kolaborasi dengan mendatangkan dosen dari kampus luar negeri sehingga dapat berbagi pengalaman dan kurikulum pendidikan yang terbaru, sehingga akan diperoleh pengalaman belajar di luar negeri.

Berita Lainnya