unpab-optimis-dalam-penulisan-karya-ilmiah_23.jpg

UNPAB Optimis Dalam Penulisan Karya Ilmiah

PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. Berdasarkan hal tersebut maka Universitas pembangunan panca budi melaksanakan pelatihan PKM, yaitu PKM – Artikel Ilmiah  (PKM-AI ).  Dimana program ini merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian masyarakat yang telah dilakukanya  sendiri (Misalnya studi kasusu, praktik lapangan, KKN, PKM, dan lain-lain). Serta PKM – Gagasan Tulisan  (PKM-GT) merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari idea tau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu actual yang ada dimasyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistis.

Pelatihan ini dilaksanakan sebelum mahasiswa mulai menulis karya atau gagasan tertulisnya yaitu  pada sabtu, 15 Maret 2014  pukul 9.00 wib sampai dengan 12.00 wib dengan narasumber Indra Gunawan di Gedung A.302. Dalam pelatihan ini mahasiswa akan memberikan materi berupa kriteria pengusulan PKM , tata cara pengusulan PKM, serta sistematika susulan kegiatan PKM agar mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam proses penulisan tersebut.

Pada saat pelatihan, mahasiswa antusias pada sesi pengajuan judul, setiap kelompok mampu menghasilkan lebih dari 3 judul bahkan ada kelompok yang mampu mengajukan 6 judul. Narasumber dengan semangatnya juga membahas satu persatu judul dan membahas arah tulisan yang akan di kembangkan oleh mahasiswa, serta gaya bahasa yang menarik saat proses penulisan, agar mahasiswa dapat menarik minta pembaca.

Rektor Kemahasiswaan yaitu Hasrul Azwar Hasibuan menyatakan dalam pembukaanya bahwa mahasiswa UNPAB memiliki kesempatan yang sangat besar untuk bisa menang dalam karya tulis ini. saya berharap semoga dengan adanya PKM ini, minat mahasiswa untuk menulis semakin tinggi, dan saya juga berharap untuk PKM AI dan PKM GT ini kampus kita bisa mengirim setidaknya 50 file baik itu PKM AI ataupun PKM GT.

Karya ilmiah peserta PKM akan di kirimkan ke dikti pada tanggal 25 Maret 2014. Peserta bisa membawa langsung karya tulis ilmiahnya ke ruangan biro kemahasiswaa. Yang nantinya akan di kirim ke Dikti oleh Ka. Kemahasiswaan Adian Hakim.

Berita Lainnya