ada-apa-dengan-hatoguan-concept-programe-hcp-unpab-dan-yppia-medan_73.jpg

ADA APA DENGAN HATOGUAN CONCEPT PROGRAME (HCP) UNPAB DAN YPPIA MEDAN

Medan, 10 Juli 2015; Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dikalangan mahasiswa, dosen, dan pegawai dikalangan Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., melakukan dorongan dan membuka kesempatan kepada civitas akademika UNPAB untuk membuat formulasi jitu dalam penerapan bahasa Inggris di Kalangan mahasiswa, dosen dan pegawai UNPAB. Akhirnya formulasi efektif dan memiliki kualitas Internasional diperoleh dari pemikiran seorang aktivis sosial pendidikan, yaitu Almarhum Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D., beliau menyelesaikan pendidikan S2 di Evergreen State College Seatlle Olympia, USA, dan menyelesaikan pendidikan S3 di Harvard University, Mashaachusett, USA.

Beliau juga saat itu menjabat sebagai Director of Courses Yayasan Pengembangan Persahabatan Indonesia - Amerika (YPPIA) Medan, setelah melakukan kajian dan rapid assesment terhadap kebutuhan peningkatan berbahasa Inggris di kalangan Mahasiswa, dosen dan pegawai UNPAB, maka Indrawan mencetuskan sebuah program bahasa Inggris yang juga menggandeng sebuah universitas di Inggris, yaitu University of Cambridge, kerja keras beliau dalam meyakinkan Perguruan Tinggi Inggris tersebut untuk melahirkan First Cambridge Cerificate, kerjasama antara YPPIA, UNPAB dan University of Cambridge, membuahkan hasil, dan langkah selanjutnya adalah melakukan Memorendum of Understanding antara YPPIA dan UNPAB dalam menghasilkan legalitas. Namun, langkah itu terhenti sementara, pada tanggal 30/6, Jam 02.00 Wib, Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D., dipanggil Allah SWT, dibulan Ramadhan 1436 H ini. Suasana berkabung berlangsung selama satu minggu lebih. Kepergian Indrawan membuat keterkejutan bagi koleganya, terutama bagi civitas akademika UNPAB.

Kepergian Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D., meninggalkan kesan mendalam bagi kolega, dan bagi Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., mengatakan, kesedihan ini tidak harus berlarut lama, masih ada warisan yang diberikan beliau kepada kita untuk ditindaklanjuti dengan langkah tegas dan pasti, demikian yang dikatakan Muhammad Isa Indrawan, didepan team UNPAb yang terdiri dari Rektor II UNPAB, Dra. Hj. Irma Fatmawati, SH., M.Hum, Ketua LPPro, Efrizal Adil Lubis, SE., MA., dan Wakil Ketua LPPro UNPAB, Hariyanto, ST.

Senada dengan UNPAB, manajamen YPPIA Medan, dibawah pimpinan Director Executive YPPIA, dr. Linda Trimurni Maas, MPH., kembali melakukan komunikasi lanjut dengan pihak UNPAB, melaui LPPro UNPAB. YPPIA Medan tetap memiliki semangat dan keinginan menindaklanjuti program yang telah dirancang bersama Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D.

Oleh Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., mencetuskan bahwa program yang telah dirancang oleh Alm. Indrawan Hatoguan Sireagr, M.Sc, Ph.D., diberi nama dengan HATOGUAN CONCEPT PROGRAM (HCP), dan secara spontan pihak YPPIA Medan dan University of Cambridge menyetujui penamaan program ini dengan nama HCP.

Program HCP terdiri dari Preparing Cambridge Certificate selama enam semester yang ditujukan kepada mahasiswa UNPAB, dan diakhir semester peserta akan mengikuti Test First Cambridge Certificate, yang sertifikatnya berlaku seumur hidup, dan memiliki standar Internasional. Selanjutnya program Conversation untuk kalangan dosen dan pegawai UNPAB, dengan metode belajar Interaktif dengan komposisi 70 persen praktek, dan 30 persen teori, selama tiga bulan. Selanjutnya program Preparing Test Toefl untuk kalangan mahasiswa, dosen dan pegawai UNPAB. Semua program diramu dan disain dengan melibatkan tenaga pendidik dari YPPIA dan University of Cambridge, serta pola pendidikan mix Europa - American style. Semua ini merupakan kombinasi yang dilakukan oleh Alm. Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D., yang juga merupakan pencetus dan pencipta metode High Tech Spritual Communication (HTSC).

Akhirnya pada tanggal 9/7, di Raz Hotel Plaza, jalan Dr. Mansyur Medan, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., dan Director Executive YPPIA, dr. Linda Trimurni Maas, MPH., yang juga mantan Pembantu Rektor III USU, melaksanakan pendatanganan MoU Hatoguan Concept Program, dengan disaksikan oleh para undangan dan civitas akademika UNPAB lainnya. Semoga program ini berjalan, dan bermanfaat serta merta menjadi amal baik alm. Indrawan Hatoguan Siregar, M.Sc., Ph.D., Semoga Allah SWT senantiasa menerima dan melapangkan jalannya. Amin.

Untuk infromasi lebih lanjut dan jelas, dapat menghubungi LPPro UNPAB, di Kampus Panca Budi Medan, Jalan Gatot Subroto Km. 4,5 Medan, dengan saudara Hariyanto, ST., atau saudari Azima Medina Amrul, setiap hari kerja. Program ini dijalankan mulai tahun ajaran 2015/2016 di dalam semester ini.

Berita Lainnya