bnn-sumut-gelar-test-urine-bagi-mahasiswa-unpab_31.jpg

BNN SUMUT GELAR TEST URINE BAGI MAHASISWA UNPAB

Usia 20-30 Tahun Pengguna Narkoba Terbanyak di Sumut

UNPAB - Medan : Badan Nasional Narkotika Propinsi Sumatera Utara melaksanakan pemeriksaan test urine kepada pelajar dan mahasiswa Universitas Panca Budi (Unpab) di Lingkungan kampus Jl Gatot Subroto Medan. Senin (27/10).

Kasi Alternatif BNN Propinsi Sumut Antonius ketika ditemui wartawan, mengatakan, bahwa pelaksanaan test urine bagi pelajar dan mahasiswa Unpab merupakan kali pertama diadakan di kampus swasta, “Inilah baru satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Medan yang melaksanakannya, Sebelumnya  Perguruan Tinggi Negeri (PTS) USU telah menggelarnya

“Saya berharap, pelaksanaan test urine diadakan di Unpab, bisa diadakan  secara rutin. Tujuan diadakan test urine untuk mengetahui apakah mahasiswa Unpab teindikasi positif atau tidak terhadap penggunaan barang-barang haram tersebut.” ujarnya

Dia mengungkapkan, sampai sejauh ini, kita belum dapat mengetahuinya hasil pemeriksaan test urine tersebut karena masih dilakukan pemeriksaan, katanya seraya menambahkan usai pemeriksaankita harapkan hasilnya dapat dikethui,”tutur Antonius.

Berdasarkan pantauan di lokasi, para pelajar dan mahasiswa Unpab tampak begitu antusias untuk melakukan pemeriksaan dan bahkan mereka rela harus antrian menunggu gilirannya masing-masing.

Dia juga menambahkan, bilamana para mahasiswa Unpab teridikasi positif terhadap narkoba, maka yang bersangkutan akan dilakukan rehabilitasi atau juga mendapatkan konsultasi yang dilakukan oleh BNN Propinsi.

Tinggi

Pada kesempatan itu, Dia juga menambahkan, para orangtua untuk melaporkan anaknya yang terindikasi positif penggunaan narkoba dewasa ini semakin tinggi, hal ini dikarenakan pengetahui pendidikan yang tinggi dan tidak menginginkan anaknya terjerumus lembah hitam.

“Setiap harinya, werga Kota Medan datang ke kantor BBN Propinsi Sumatera Utara untuk melakukan konsultasi dan bimbingan, apabila yang bersangkutan telah mengalami sakau maka kita anjurkan untuk dilakukan rehabilitasi.” Katanya 

Warga masyarakat Sumut yang terindikasi terhadap penggunaan barang haram jenis sabu-sabu yang paling besar berusia 20 sampai dengan 30 tahun. Diatas tiga puluh tahunan penggunaan tidak begitu besar. Selain itu juga penggunaan barang barang pemakainya anak-anak berusia 16 tahunan.

Sementara itu, Kahumas Unpab, Drs Sulardi mengungkapkan, ditargetkan mahasiswa yang akan ikut test urine sebanyak 100 orang. Selain kegiatan test urine sebutnya juga dilaksanakan diskusi dengan menampilkan narasumber dari Ka. BOK Bapak Akhmad Taufik SE, M.B.A, Dr.H. Yusuf Wibisono BNNP Sumut dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Drs. Safwan Khayat, M. Hum.

Rektor Unpab diwakili oleh Rektor III Hasrul Azwar Hasibuan, SE dalam sambutannya saat membuka diskusi mengatakan, kegiatan ini sebenarnya sudah lama di rencanakan Unpab dan merupakan awal untuk menuju MOU antara Unpab dengan BNN. Dengan adanya kerjasama ini harapannya kedepan Panca Budi merupakan kampus yang bersih dari narkoba dengan memiliki mahasiswa yang sehat dan terhindar dari bahaya narkoba.

“Menurut dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Drs. Safwan Khayat, M. Hum. Nantinya siswa dan mahasiswa Panca Budi akan dilibatkan menjadi relawan anti narkoba baik di lingkungan kampus maupun maupun luar kampus,”kata Bapak Hasrul.

Berita Lainnya