debut-impresif-marquez-di-laguna-seca_5.jpg

Debut Impresif Marquez di Laguna Seca

CALIFORNIA – Marc Marquez membuktikan diri sebagai pembalap jempolan. Rookie MotoGP ini berhasil jadi juara di sirkuit yang belum dikenalnya, Laguna Seca dan mentasbihkan diri sebagai juara paruh kompetisi MotoGP 2013.

Begitu lampu start menyala, sang peraih pole seater Stefan Bradl langsung melesat. Valentino Rossi yang menghuni start keempat juga berhasil menyodok ke posisi dua, diikuti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Alvaro Bautista, Dani Pedrosa, dan Cal Crutchlow di posisi tujuh besar.

Lap kedua, Bautista berhasil melewati Lorenzo yang belum sepenuhnya pulih dari cedera tulang selangka kiri. Dua lap kemudian atau lap keempat, giliran Marc Marquez yang mencuri perhatian.

Penampilan agresifnya membuat Rossi kesulitan menutup celah, sehingga berhasil dimanfaatkan rookie asal Honda untuk menyalip di sebuah tikungan, walau harus sedikit keluar dari lintasan.

Usai melewati Rossi, Marquez kini fokus mengejar Bradl yang mulai menjauh. Sementara itu, Rossi kini mendapat tekanan dari Bautista dalam perebutan tempat ketiga.

Di baris ketiga, tersaji pertarungan dua pembalap cedera, Lorenzo yang mendapat perlawanan sengit dari Pedrosa yang juga belum pulih dari cedera bahu. Setelah 11 lap membuntuti, Pedrosa akhirnya sukses meng-overtake Lorenzo untuk mengklaim posisi lima.

Lap demi lap berjalan, Marquez berhasil memangkas jarak dengan Bradl hingga akhirnya dia berhasil memanfaatkan kelengahan Bradl di lap ke-19 untuk mengambil alih kendali balapan.

Di baris kedua, Rossi juga mulai kewalahan meladeni perlawanan Bautista yang terus menguntit tepat di belakangnya. Di tempat lain, Pedrosa mulai membuka jarak dengan Lorenzo yang terlihat kesulitan memacu M1 andalannya secara maksimal.

Memasuki 10 lap terakhir, Marquez mulai meninggalkan Bradl dan nyaman memimpin balapan di sirkuit yang baru kali ini ‘dikenalnya.’  Marquez unggul 1,5 detik dari Bradl dan 5 detik dari The Doctor di tempat ketiga.

Marquez kian mempertegas dominasinya dengan memperlebar jarak menjadi 2 detik dari Bradl di tiga lap tersisa. Sementara itu, Rossi masih berjuang keras menahan tekanan Bautista untuk mengamankan podium ketiga.

Lap terakhir, Marquez tak lagi tersentuh untuk kemudian mengklaim kemenangan pertama dalam debutnya di Laguna Seca. Bradl, meski gagal jadi pemenang, bisa sedikit sumringah karena berhasil meraih podium pertamanya sejak berlaga di kelas premier, musim lalu.

Sang legenda hidup, VR46 akhirnya juga berhasil memenangi pertempuran untuk mengisi podium terakhir. Bautista di posisi empat, diikuti Pedrosa dan Lorenzo di posisi enam. Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow menempati posisi tujuh, diikuti duo Ducati, Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso serta Hector Barbera di sepuluh besar.

Dengan kemenenangan ini, Marquez pun berhak menutup paruh kompetisi musim ini sebagai pemuncak klasemen pembalap. Pasalnya, seri ke 10 baru akan kembali digelar pada 18 Agustus 2013, di Indianapolis, Amerika Serikat.

Juara dunia Moto2 musim lalu ini mengoleksi 163 poin, atau unggul 16 poin dari rekan setimnya Pedrosa (147) di tempat kedua. Lorenzo berada di tempat ketiga dengan 137 poin diikuti Rossi dengan 117 poin.

Hasil Lengkap MotoGP Laguna Seca, Amerika Serikat:

Pos --- Pblp --- (Tim) --- Wak

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 44 menit 0.695 detik
2. Stefan Bradl (LCR Honda) 44:2.993s
3. Valentino Rossi (Yamaha Factory) 44m 5.193s
4. Alvaro Bautista (Go&Fun Honda Gresini) 44m 5.252s
5. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 44m 9.952s
6. Jorge Lorenzo (Yamaha Factory) 44m 13.665s
7. Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech 3) 44m 15.999s
8. Nicky Hayden (Ducati Team) 44m 34.658s
9. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 44m 34.824s
10. Hector Barbera (Avintia Blusens/CRT) 45m 3.064s
11. Alex De Angelis (Ignite Pramac Racing) 45m 3.299s
12. Colin Edwards (NGM Forward Racing/CRT) 45m 4.288s
13. Danilo Petrucci (Came IodaRacing Project/CRT) 45m 21.145s
14. Karel Abraham (Cardion AB Motoracing) +1 lap
15. Yonny Hernandez (Paul Bird Motorsport) +1 lap
16. Hiroshi Aoyama (Avintia Blusens/CRT) +1 lap
17. Bryan Staring (Go&Fun Honda Gresini) +1 lap
18. Lukas Pesek (Came IodaRacing Project/CRT) +1 lap

Gagal Finis
Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) 
Aleix Espargaro (Power Electronics Aspar/CRT)
Randy De Puniet (Power Electronics Aspar/CRT)
Claudio Corti (NGM Forward Racing/CRT) 
Michael Laverty (Paul Bird Motorsport/CRT) (acf)

Berita Lainnya