entrepreneurship-adalah-sebuah-proses_17.jpg

ENTREPRENEURSHIP ADALAH SEBUAH PROSES

Medan, 23 Maret 2015; Muhammad Habibi Ginting dan Muhammad Reza Kurniawan dari Fakultas Filsafat, serta Fajar A.M.F, dari Fakultas Pertanian yang tergabung dalam UKM Center (UKMC) UNPAB membuka usaha di teras UKMC berupa usaha lontong pagi, buka sejak jam 07.00 s/d 10.00 Wib, kemudian dilanjutkan dengan usaha Assosories Handphone dibuka sejak jam 10.00 s/d 17.00 Wib di teras UKMC.

Kemudian di UKMC juga dibuka usaha Vaksin untuk Hewan Kesayangan oleh Sutari Eka Yana dari Fakultas Pertanian, Program Studi Peternakan, selanjutnya ada usaha Pomade minyak rambut klasik oleh Nanda dari Fakultas Hukum, ada juga yang buka usaha pembibitan pohon jambu, rambutan, dan sauh oleh Rahmanta Barus dari Fakultas Pertanian. Sementara Shafa Ul Fuada dan kawan-kawannya dari Fakultas Ekonomi, buka usaha Hijab yang samakin hari semakin berkembang.

Lain halnya Dicky Ramadhansyah Utama dan kawan-kawan, buka usaha Studio Mini Photography, yang melayani usaha jasa pemotretan produk, pra-wedding dan pesta pernikahan, lalu Eddy Setiawan dari Fakultas Ekonomi, buka usaha Sablon. Tidak ketinggalan juga dari Fakultas Ilmu Komputer, Muhammad Faridt Aditya Tumbaleka, buka usaha jasa desain. Rumah Keripik, usaha keripik oleh Azima Medina dan kawan-kawan, kini sudah mulai menunjukkan keseriusanya, dengan memperbaharui kemasan keripik dan berlabel yang menarik. 

Menurut Hanifah Mutia ZNA, S.Si., M.Si., selaku wakil direktur UKMC UNPAB menyatakan, "kini UKMC kelihatan selalu ramai dan sibuk, ini semua merupakan aktivitas mahasiswa/i yang tergabung di UKMC kian hari ini semakin terpicu untuk mengembangkan usaha, maupun mencoba usaha baru mereka, semua ini merupakan proses mahasiswa dalam mengembangkan jiwa wirausahanya". demikian yang dikatakan Hanifah.

"Ada planning membuat sebuah perhelatan akbar terhadap entrepreneurship yang terkait dengan dunia akademik, yaitu Tri Darma Perguruan Tinggi. Sebuah kegiatan akbar yang menonjolkan inovasi, kreatifitas dan ilmiah, sehingga masyarakat umum dan dunia pendidikan mengetahui bahwa di UNPAB banyak hal-hal baru yang inovatif, kreatif dan produktif", demikan yang dikatakan Hasrul Azwar, SE, selaku Rektor III (Kemahasiswaan) UNPAB. 

Senada dengan Rektor III, Direktur UKMC UNPAB, Efrizal Adil Lubis, SE., MA.,  juga menambahkan, "Entrepreneurship adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi kedalam kehidupan. Visi tersebut bisa ide Inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalan sesuatu usaha atau kegiatan. Klimaks dari proses tersebut adalah menciptakan usaha baru atau bisa menjalankan usaha lama dengan metode baru yang dibentuk pada kondisi resiko dan ketidakpastian. Hidup menjadi wirausaha memang harus dekat dengan resiko dan ketidakpastian. Berangkat dari hal tersebutlah bisanya seorang wirausaha akan meraih kesuksesan dan kejayaan. Jadi kegiatan akbar yang akan digelar merupakan salah satu alat pemicu mahasiswa untuk lebih dekat dengan Entrepreneurship". Demikian dikatakan Efrizal, didampingi oleh Ahmad Damrian, S.Fil., yang juga merupakan Wakil Direktur UKMC UNPAB.

Berita Lainnya