kurikulum1.png

Kegiatan Peninjauan Kurikulum Program Studi Akuntansi Tanggal 2 dan 3 Agustus 2010

 

 Kritikan dan Tuntutan Pasar kerja adalah merupakan standar yang menentukan keberhasilan Institusi Pendidikan dalam melahirkan lulusan yang berkualitas. Masalah besar yang selalu menjadi perbincangan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin pada tidak relavannya antara ilmu yang dimiliki lulusan dan kompetensi yang diinginkan oleh pasar kerja saat ini. Nah, sebagai antisipasi untuk menghadapi tantangan ini sekaligus menjawab tuntutan pasar kerja maka Fakultas Ekonomi UNPAB melibatkan berbagai pengguna lulusan dalam peninjauan kurikulum Program Studi Akuntansi berbasis kompetensi sesuai dengan Kepmendiknas No. 232/U/2000 tahun 2006.

 Kondisi yang diharapkan UNPAB adalah bahwa impelementasi kurikulum yang sesuai dengan nilai profesional, Attitude (Akhlak), devotion (Pengabdian), Integrity (Integritas) yang merupakan nilai-nilai Panca Budi berdampak kepada lulusan yang dapat bekerja secara profesional dengan memiliki akhlak yang sesuai dengan norma agama serta bekerja dengan penuh loyalitas dan integritas yang tinggi dalam kehidupannya mendukung visi dan misi Fakultas.

Atas dasar pemikiran di atas maka pada tanggal 2 dan 3 Agustus Prodi Akuntansi menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum Program studi Akuntansi dengan mengundang Nara Sumber yaitu Bapak Dr. Hari Sukarno, SE.,MM. Beliau merupakan Dosen Teladan Tingkat Fakultas Ekonomi Universitas Jember tahun 1998 dan memperoleh penghargaan berupa SATYA LENCANA KARYA SATYA Sepuluh Tahun Keppres RI No.006/TK/Th.2005. Pekerjaan beliau saat ini sebagai Tenaga Ahli dari Dikti melalui Program Datasering DIKTI dan Dosen Tetap pada fakultas Ekonomi Universitas Jember (Tahun 1990 – sekarang ).

 Turut hadir juga para peserta undangan dari berbagai Instansi Pengguna Lulusan antara lain Bapak Sutrisno dari BPKP, Bapak Usman Hasibuan mewakili Balai Pelatihan Tenaga Kerja sekaligus merupakan alumni Fakultas Ekonomi, Bapak Saurdi dari BPK, Bapak Safaruddin dari Dinas Perpajakan, Bapak Suef dari Dinas Koperasi dan UKM ProvSU, Bapak Broto dari Bank Mandiri dan lain-lain yang tidak dapat disebutkan namanya antara lain mewakili Bank SUMUT, PT. Pasifik Palmindo, PT. Distrindo Lintang, serta tidak ketinggalan Pegawai Kantor jaminan Mutu (KJM).

Dalam kesempatan ini Ka. Prodi Akuntansi Bapak Drs. Mulkanuddin Ritonga, MM menawarkan dua konsentrasi yaitu akuntansi sektor bisnis dan akuntansi sektor publik yang merupakan hasil rumusan tim adhock penyusunan kurikulum prodi akuntansi. Maka di forum tersebutlah dibutuhkan partisipatif dari peserta undangan untuk memberikan masukan tentang kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja saat ini.

 Konsep acara kegiatan ini dimulai dari tanggal 02 Agustus pukul 08.15 sd 12.00 WIB khusus untuk menerima masukan dari Pengguna Lulusan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Nara Sumber Bapak Hari Sukarno tentang konsep Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi tim adhock Penyusunan Kurikulum dengan dosen-dosen Prodi Akuntansi sampai dengan pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan kembali tanggal 03 Agustus 2010 sampai dengan selesai pukul 15.30 WIB yang seharusnya selesai pukul 12.00 WIB. Kepiawaian Nara sumber untuk memandu peserta dosen dalam mendiskusikan proses sampai dengan munculnya mata kuliah memacu semangat dosen dan tim untuk segera menyelesaikan kurikulum baru. Acara ditutup dengan foto bersama dengan Nara Sumber.

Berita Lainnya