kembangkan-kolaborasi-antar-perguruan-tinggi-unpab-medan-melaksanakan-mou-dan-moa-dengan-universitas-gajah-putih-_74.jpg

Kembangkan Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi, UNPAB Medan Melaksanakan MoU dan MoA dengan Universitas Gajah Putih.

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan  SE., MM., melaksanakan perjalanan dagang dan membangun jejaring kerjasama, dengan melakukan penandatanganan MoU serta MoA, dengan Universitas Gajah Putih, di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Rabu, (16 Maret 2022).

Dalam kegiatan ini, turut hadir Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah Kamar Dagang  dan Industri (KADIN) Sumatera Utara, M. Santri Azhar Sinaga S.H., yang juga menjabat sebagI Ketua KAD (Komite Advokasi Daerah) Sumatera Utara, Rektor Universitas Gajah Putih, Eliyin, S.Hut., MP, dan ketua Yayasan Universitas Gajah Putih Drs.H.Mustafa Ali, serta dosen dan civitas akademika perguruan tinggi tersebut

MoU (Memorandum of Understanding) ini menjadi payung hukum bagi perguruan tinggi, khususnya dalam mengadakan perjanjian kerja sama lanjutan atau penyusunan Memorandum of Agreement (MoA) atau Nota Kesepakatan, sebuah dokumen kesepakatan atas kerja sama yang telah disepakati sebelumnya.

Bentuk kerja sama ini bertujuan untuk memberikan keuntungan yang seimbang antar pihak, mengimplementasikan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan tinggi, dan menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang ditandai dengan adanya pertukaran mahasiswa Program Studi Agroteknologi UNPAB sebanyak 50 orang ke Universitas Gajah Putih.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengkolaborasikan berbagai kebutuhan dan kepentingan antar lembaga sesuai harapan. Perguruan tinggi harus mau membuka diri selebar-lebarnya untuk berkolaborasi. Dalam kerjasama ini disepakati untuk melahirkan Program Studi Pengolahan Perkebunan Kopi  yang diharapkan mampu menjawab tantangan global dan dapat membawa perubahan besar, khususnya dalam merespon trend global mengenai tumbuh pesatnya bisnis kopi dan berbagai ekosistem bisnis turunan lainnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat proses industrialisasi perekonomian nasional sesuai visi dan misi KADIN SUMUT, dan sejalan dengan implementasi dalam dunia industri dari nilai-nilai di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berita Lainnya