membentuk-pola-pikir-yang-baru-diskusi-dan-kunjungan-pt-alamjaya-wirasentosa-ke-fakultas-ekonomi--bisnis-unpab-medan_73.jpg

MEMBENTUK POLA PIKIR YANG BARU, DISKUSI DAN KUNJUNGAN PT. ALAMJAYA WIRASENTOSA KE FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNPAB MEDAN

Medan, 8 Juni 2015; Merubah pola pikir yang lama menjadi baru, ini menjadi topik perbincangan siang ini di Ruang Rapat M102, Kampus Panca Budi, pada hari Senin 8/6 ini. Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi (FEB-UNPAB) mendapat kunjungan dari manajemen PT. Alamjaya Wirasentosa, yang dipimpin langsung oleh pimpinan perusahaan tersebut, Collen Chee bersama staff-nya.

Kunjungan PT. Alamjaya Wirasentosa diterima langsung oleh Dekan FEB-UNPAB, Rahmat Hidayat, SE., MM., berserta petinggi UNPAB, antara lain : Plh. Rektor, Prof. Dr. R. hamdani Harahap, M.Si., Rektor I, Drs. H. Kasim Siyo, M.Si., Ph.D., Rektor II, Dra. Hj. Irma Fatmawati, SH., M.Hum, Rektor III, Samrin, SE., MM., dan Ketua Prodi Manajemen, Drs. Anwar Sanusi, M.Si., dan ketua Prodi Manajemen Perpajakan, Anggi Pratama Nasution, SE., M.Si.

Collen Chee menyampaikan, Pola pikir kita adalah jumlah total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat, dan pola-pola pemikiran kita tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja. Ini adalah saringan yang dengannya kita menafsirkan apa yang kita lihat dan alami. Pola pikir kita membentuk kehidupan kita dan menarik kepada diri kita hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang kita percayai akan terjadi, benar-benar terjadi, demikian yang dikatakn Collen Chee.

Didalam diskusi ini Dekan FEB-UNPAB, Rahmat Hidayat menyatakan kesepakatnnya, dan menurut beliau,"pergeseran pola pikir berarti berubah dari satu pola pikir kepada pola pikir yang lain. Dalam keilmuan, ini berarti beralih dari satu pola pikir yang menghalangi keberhasilan ke cara berpikir yang mendorong dan menarik keberhasilan", dan dilanjutkan Rahmat, FEB-UNPAB tertarik untuk mendapatkan pengetahuan tersebut, dan meminta kebersediaan Collen Chee selaku Pimpinan PT. Alamjaya Wirasentosa yang juga mengelola perusahaan besar di Singapore untuk dapat berbagi dengan mahasiswa UNPAB, Rahmat menambahkan, tersedia waktu dan ruang untuk Collen Chee berbagi ilmu pengetahuan ini kepada staff dan mahasiswa UNPAB.

Senada pendapat dengan Rahmat Hidayat, Prof. R. Hamdani Harahap. M.Si., juga menambahkan, banyak orang mengatakan mereka ingin mengubah hidup mereka. Mereka menghadiri ceramah pembicara motivasi atau membuat janji bulan depan nanti akan menjadi sangat gembira dengan semua perubahan yang mereka lihat untuk diri mereka sendiri. Atau mereka pergi ke seminar atau membaca buku dan melihat bahwa mereka ingin mulai melakukan hal-hal secara berbeda. Mereka bahkan mungkin melakukan beberapa perubahan dalam beberapa minggu pertama. Tetapi kemudian energi mereka tampak berkurang. Antusiasme mereka merosot, hal-hal ini atau trik untuk mempertahkan antusiasme yang ingin didapatkan dari Collen Chee yang sudah sangat berpengalaman mengelola dan menjalankan perusahan-perusahaan skala Internasional, demikian yang dikatakan Hamdani.

Pertemuan disiang ini berlanjut hingga memasuki sore hari, dan diakhiri dengan membawa rombongan PT. Alamjaya Wirasentosa berkeliling kampus UNPAB, melihat aktivitas mahasiswa dan beberapa kelembagaan yang ada di UNPAB, perjalanan keliling kampus ini dipandu oleh Rektor I, Drs. H. Kasim Siyo, M.Si., Ph.D., dan beliau juga menyampaikan kepada rombongan perusahaan tersebut, bahwa UNPAB memiliki beberapa lembaga yang mendorong perubahan pola pikir, selain kegiatan akademik secara rutin, seperti Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM), untuk kalangan dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, selanjutnya Lembaga Pengembangan Profesional (LPro), untuk memberikan pendidikan vokasi, yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan usaha, lalu UKM Center (UKMC), tempat mahasiswa untuk belajar berwirausaha, ada lagi yang namanya Student Advisory Centered (SAC), untuk memperkuat softskill mahasiswa, kemudian Bursa Kerja Online (BKOL), yang memberikan informasi dan persiapan mahasiswa memasuki dunia kerja, dan selanjutnya UNPAB juga punya Kantor Jaminan Mutu (KJM), yang selalu melakukan pengawasan, monitoring, dan evaluasi kegiatan akademik dan manajemen UNPAB. Untuk kegiatan mahasiswa, UNPAB memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa, demikian yang disampaikan Kasim Siyo.

 

 

Berita Lainnya