practical-science--loka-penelitian-kambing-potong-sei-putih-dan--peternakan-ayam-sapi-dan-kompos-organik-pergulaan_93.jpg

Practical Science Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih Dan Peternakan Ayam, Sapi Dan Kompos Organik Pergulaan

Penerapan Practical Science (Ilmu Pengetahuan Praktis) dalam rangka mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi, Practical Science dilaksanakan di Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih dan Perusahaan Peternakan Ayam, Sapi dan Kompos Organik Pergulaan.

Kegiatan Practical Science ini berkaitan dengan matakuliah Ilmu Tanaman Pakan dan Ilmu Tilik Ternak. Kunjungan di Loka Penelitian Kambing Potong  Sei Putih Disambut oleh Staf Peneliti yaitu Bapak Rijanto Hutasoit, S.Pt, M.Si yang mewakili Bapak kepala Loka Penelitian Kambing Potong Beliau menyampaikan Tugas Pokok dan Fungsi serta kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di Loka serta penelitian yang dapat dilaksanakan bersama mahasiswa yang akan melaksanakan tugas akhir, selanjutnya para mahasiswa diarahkan ke lokasi kebun hijauan pakan ternak yang sedang dikembangkan untuk mengidentifikasi jenis-jenis hijauan serta teknik budidaya kunjungan lapangan tersebut juga didampingi oleh Bapak Misro Aliandi selaku seksi Budidaya TPT Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih.

Sesi berikutnya adalah pengenalan jenis-jenis kambing  dan karaktristiknya sehingga para mahasiswa mampu membedakan dan mengenali perbedaan antara beberapa jenis kambing yang ada di Indonesia serta di kembangkan di Loka Penelitian Kambing Potong.

Kunjungan selanjutnya dilaksanakan di Perusahaan Peternakan Ayam, Sapi dan Kompos Organik Pergulaan yang beralamatkan di Desa Pergulaan Kecaman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Kunjungan ke Perusahaan ini sudah yang kesekian kalinya dengan lapang dada Bapak Ir, Yanu Rianto selaku manager perusahaan tersebut menerima para mahasiswa dan berdiskusi tentang pengalama dan kondisi perkembangan dunia peternakan saat ini. Dengan waktu yang terbatas Bapak Ir. Yanu Rianto berusaha untuk mengajak mahasiswa mengunjungi seluruh aktifitas yang ada di perusahaan tersebut sembari berdiskusi. Para mahsiswa juga diberi kesempatan untuk melakukan identifikasi terhadap beberapa ekor sapi untuk menerapkan materi Ilmu Tilik Ternak mengukur bobot badan melalui ukuran lingkar dada.

Kegiatan Practical Science tersebut langsung didampingi oleh Ka. Prodi Peternakan Bapak Andhika Putra, S.Pt, M.Pt dan Assisten Prodi Peternakan Bapak Ismail D, SP serta Bapak Dr. Ir. Meriksa Sembiring, M.Phill selaku dosen pengasuh matakuliah.

Semoga kegiatan yang dilaksankan dapat meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan serta mencapai kompetensi yang diinginkan, sehingga para mahasiswa dan lulusan Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNPAB menjadi bagian dari Program Pembangunan Peternakan Sumatera Utara.

Berita Lainnya