semakin-riuh-rapat-dosen-fakultas-ekonomi--bisnis-unpab_76.jpg

SEMAKIN SERU RAPAT DOSEN FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNPAB

Medan, 27 Mei 2015; Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi, menggelar rapat dosen (26/5), diruang Perpustakaan, kampus Pancabudi Medan, dan acara rapat ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Rahmat Hidayat, SE., MM. Di dalam rapat dosen ini, dekan mengajak para dosen untuk berkontribusi terhadap kurikulum, mekanisme pengajaran, dan keluaran Fakultas Ekonomi & Bisnis kedepan akan siap menghadapi dunia kerja dan usaha di era pasar bebas ini.


Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Rahmat Hidayat, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi tentang penelitian dan pengabdian kalangan dosen oleh Ketua LPPM UNPAB, Rusiadi, SE., MM., LPPM menginformasikan bahwa penelitian Internal UNPAB akan membantu dosen-dosen untuk lebih kritis dan kreatif dalam bidang ilmunya masing-masing, LPPM UNPAB memberikan hibah penelitian sebesar  5-10 juta untuk masing-masing dosen yang melakukan penelitian internal. Kemudian, Rusiadi menambahkan UNPAB mendorong dosen untuk membuat buku, dan setiap buku yang ber-ISBN akan diberi kontribusi sebesar 5 juta, termasuk juga terbitnya jurnal Nasional dan Internasional dosen yang mendapat kontribusi dari UNPAB sebesar 2-8 juta setiap tulisan di jurnal Nasional dan Internasional. Rusiadi menambahkan, UNPAB terus berbenah untuk mencapai standar nasional dan internasional, sehingga dosen-dosen dipicu untuk terus meningkatkan prestasi di bidang keilmuannya.


Rahmat, dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis menambahkan, Kinerja dosen saat ini sudah baik, namun kedepan harus lebih ditingkatkan lagi, seiring dengan peningkatan akreditasi UNPAB yang sekarang dnyatakan “Sehat (B)”, Saat ini sudah 18 orang dosen-dosen UNPAB sedang menjalani pendidikan Strata III di Luar negeri dan dalam negeri, 5 orang dosen dalam dekat ini akan menyelesaikan pendidikan program Doktor, dan 3 orang telah menyelesaikan program Doktor. Selain meningkatkan pendidikan, dosen UNPAB juga banyak mendapatkan hibah penelitian dari Dikti dan Kopertis, termasuk penelitian dari Lembaga Donor Internasional, seperti USAID dan UNDP.  Selanjutnya Rahmat mengatakan, apa yang sudah diperoleh saat ini sedapatnya dipertahankan dan terus ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa serta masyarakat nantinya. Demikian yang dikatakan Rahmat.


Selanjutnya presentasi dari Ketua Lembaga Pengembangan Profesional (LPro) UNPAB, Efrizal Adil Lubis, SE., MA., yang memaparkan tentang program vokasi di LPro, yang memberikan kesempatan kepada Dosen-desen untuk mengajar di prgram vokasi (diploma I dan II) yang diselenggarakan oleh LPro UNPAB. Efrizal mengatakan, program vokasi ini merupakan jawaban UNPAB terhadap tuntutan dunia kerja dan usaha, yang menginginkan tenaga kerja ahli dan terampil, serta dengan tempo yang singkat masa pendidikannya. Kemudian ditambahkan Efrizal, kemungkinan besar juga LPro UNPAB akan melakukan kerjasama dan kemitraan dengan pemerintahan kabupaten / kota di Sumatera Utara untuk pendirian Akademi Komunitas yang sejalan apa yang dikerjakan LPro saat ini, demikian yang dikatakan Efrizal.


Acara dilanjutkan dengan pengarahan Rektor I UNPAB, Drs. H. Kasim Siyo, M.Si., Ph.D., yang menyatakan bahwa kedepan dalam masa MEA ini, ada delanpan sektor yang disepakati negara-negara  Asian, yaitu sektor, teknik, jasa keinsinyuran, kesehatan, pendidikan gigi, akuntansi terapan, jasa pariwisata, keperawatan dan survei. Kasim mengatakan, bahwa UNPAB dari delapan sektor tersebut, hanya memiliki empat sektor saja, dan keempat sektor tersebut harus diperkuat, contoh Akuntansi, jurusan itu terbanyak di Sumatera Utara, dan tentu saja kita harus bersaing dengan banyaknya Perguruan Tinggi di Sumatera Utara untuk menunjukkan kualitas Akuntansi kita. Demikian yang dikatakan Kasim. Selanjutnya Rektor I menutup Rapat Dosen ini dengan mengucapkan Alhamdullilah.


Rapat Dosen ini dihadiri oleh pejabat Fakultas Ekonomi & Bisnis, seperti Ketua Prodi Manajemen, Drs. H. Anwar sanusi, M.Si.,  Ketua Prodi Akuntansi, Dra. Hj. Mariyam, Ak., M.Si., CA., Ketua Prodi Ekonomi pembangunan, H. Sanusi Ghazali Pane, SE., M.Si.,  Ketua Prodi Manajemen Perpajakan, Rahmat H, SE., MM.,  Sekretaris Prodi Manajemen, Abdi Setiawan, SE., M.Si., Sekretaris Prodi Akuntansi, Anggi Prtama Nasution, SE., M.Si., dan Ketua UKM Center UNPAB,Saimara Sibayang, SE., M.Si., serta staff Fakultas Ekonomi & Bisnis UNPAB. Acara ini termasuk suskes karena dihadiri ole 85% dari jumlah Dosen di fakultas Ekonomi & Bisnis UNPAB Medan. 

Berita Lainnya