strategi-dan-inovasi-model-belajar-marketing-meningkatkan-kompetensi-mahasiswa_6.jpg

Strategi dan Inovasi Model Belajar Marketing Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Medan, 10 Maret 2016; Dua puluh tiga mahasiswa program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi (FEB-UNPAB) melakukan studi lapangan ke Prince Of Songkla University Thailand (PSU), Hat Yai, Songkhla, dan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia Shah Alam, Selangor. ke dua puluh tiga mahasiswa ini di pimpin oleh Drs. H. Mulkanuddin Ritonga, Ak., MM., CA., Yossi Rossanty, SE., MM., dan Muhammad Dharma Tuah Nasution, SE., MM. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 25 - 27 Februari 2016 yang lalu. Demikian dikatakan Mulkanuddin.

Dijelaskan oleh Drs. Mulkanuddin Ritongan, Ak., MM., CA., bahwa kegiatan studi lapangan ke PSU Thailand  dan UiTM Malaysia adalah untuk mengenal baik tentang strategi dan inovasi belajar pemasaran (marketing) di tingkat mahasiswa di kedua universitas tersebut, kata Mulkanuddin, kemudian beliau menjelaskan kembali bahwa perjalanan keluar negeri ini sangat besar dampaknya kepada mahasiswa, salah satu dampak yang terlihat adalah tumbuhnya percaya diri, kemudian peserta mahasiswa dapat melihat langsung strategi dan metode belajar marketing yang terus berkembang sesuai dengan pertumbuhan dunia pemasaran saat ini. Demikian dikatakan Mulkanuddin.

Aminatuzzahra sering dipanggil teman-temannya dengan Amina. Amina salah satu peserta, yang juga merupakan mahasiswi semester empat di program studi Manajemen FEB UNPAB mengatakan hal yang sama, dan Amina juga menambahkan bahwa hampir seluruh peserta ini belum ada yang pernah berpergian keluar negeri, apa lagi langsung berkunjung ke kampus-kampus di Thailand dan Malayasia ini. Menurut Amina, Luar biasa sekali, sebab budaya belajar itu kelihatan di kalangan mahasiswa disini, malah perpustakaan ramai dan buka seharian penuh, kalau kantinya sangat berbeda jauh dengan suasana di perpustakaan, kantin disini sepi dan ada satu dua mahasiswa yang hanya belanja kebutuhannya, kemudian pergi dan tidak berduduk-duduk lama di kantin, demikian kata Amina.

Kunjungan ke PSU Thailand, rombongan diterima oleh staff Public Reletaions (Purel) PSU Thailand. Mahasiswa FEB UNPAB diperkenalkan tentang profil PSU, serta metode pembelajaran di PSU. Disini terjadi interaksi antara Purel dengan mahasiswa, kata Yossi Rossanty, SE., MM., kemudian dijelaskan Yossi, strategi dan metode pendidikan khusus bidang marketing di PSU ini sepertinya selalu mengikuti perkembangan marketing di dunia, bisa kita lihat dari bahan pelajaran berupa kasus-kasus pemasaran internasional yang lagi ter-update ini menjadi santapan pagi mahasiswa untuk diskusi, tegas Yossi.

Yossi Rossanti juga menambahkan, bahwa dalam menerapkan pelajaran pemasaran di PSU ini yang bisa dijadikan model adalah metode belajar interaktif dan benar-benar menjadikan mahasiswa seorang marketer yang baik. Ditambahkan Yossi, mahasiswa harus menguasai benar tentang  budaya kerja, politik pemasaran, bauran pemasaran, dan banyak hal yang berkaitan dengan pemasaran saat ini, kata Yossi.

Selanjutnya rombongan meninggalkan PSU Thailand, untuk melanjutkan studi lapangan pemasaran ini ke Malaysia. Sebelumnya rombongan berkunjung terlebih dahulu ke Surau Muhammadil Amin Rawang, Malaysia. Rombongan diterima oleh pengurus Surau. Pelaksanaan sholat Isa, dan sholat Shubuh berjamaah dijalankan bersama dengan pengurus Surau.

Kegiatan di Surau Muahammadil Amin Rawang di isi dengan pengenalan perkembangan Islam di sekitar surau, serta rombongan juga mendapatkan tausiah selepas melaksanakan sholat Isa berjamaah di Surau, kata Muhammad Dharma Tuah Nasution, SE., MM., yang juga selaku dosen pendamping dalam studi lapangan pemasaran ini.

Akhirnya, pada tanggal 27/2 rombongan tiba di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Selangor, Malaysia. Rombongan diterima oleh Pejabat Timbalan Rektor Dr. Safinah Ismail. Dalam sambutannya Dr. Safinah Ismail menyampaikan rasa sukacita atas kehadiran dan kunjungan balasan mahasiswa FEB UNPAB ke UiTM, dimana mahasiswa UiTM terlebih dahulu berkunjung ke kampus UNPAB Medan (20/11/2015). Rombongan mendapatkan penjelasan tentang aktivitas arts dan kesehatan mahasiswa, dengan mengutamakan teknologi, mahasiswa dibawa keliling kampus UiTM, untuk melihat aktivitas mahasiswa disana, demikian yang dikatakan Yossi Rossanty, SE., MM.

Kunjungan studi lapangan untuk ilmu marketing ini berjalan tidak lain adalah dukungan penuh dari Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM., dan Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis UNPAB, Rahmat Hidayat, SE., MM., beserta jajaran dan staf di FEB UNPAB, sehingga agenda yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan benar dan sekaligus rombongan ini juga mencerminkan bahwa mahasiswa UNPAB siap untuk menuju World Class University, kata Mulkanuddin Ritonga, sembari mengakhiri wawancara ini.

Berita Lainnya